Cara Berkendara yang Aman, Baik dan Benar

Posted by



Pada Selasa (20/1) malam pukul 20.00 WIB terjadi kecelakaan maut di pondok indah Jakarta. Empat orang tewas akibat ditabrak Mitsubishi Outlander Sport. Christopher Daniel Sjarif, adalah pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan. Belakangan Christopher Daniel Sjarif diketahui mengonsumsi narkotika jenis LSD (Lysergic acid diethylamide). Nah Agar tidak terjadi kecelakaan serupa, berikut tips berkendara yang aman dan baik.

Jangan Mengemudi Sambil Mabuk

Sekitar 30% kecelakaan terjadi karena pengemudinya di bawah pengaruh alkohol, dan sebagian berujung pada kematian. Pada level tinggi, efek pengaruh akan membuat pandangan berkunang-kunang serta pengambilan keputusan menjadi lambat. Reaksi pengemudi pun menurun. Karena itu, hal terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidak mengemudi ketika merasa sedang dalam pengaruh alkohol. Akan lebih baik bila Anda pulang dengan naik taksi daripada harus mengemudi sendiri.

Jangan Ngebut

Slogan mengebut akan lebih dekat dengan maut memang sangat benar. Mengemudi dalam kecepatan tinggi akan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, terutama tabrakan. Tak hanya mengemudi di area perkotaan yang padat, mengemudi jarak jauh ke luar kota juga berbahaya jika mengebut. Semakin tinggi kecepatan mobil, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi menghindari terjadinya kecelakaan. Jika memang Anda harus tiba di suatu tujuan secepat mungkin, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah berangkat lebih awal.

Konsentrasi

Konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan ketika mengemudikan kendaraan. Sayangnya, berbagai jenis pengalih perhatian juga ada banyak ketika mengemudi, terutama telepon. Mengemudi sambil mengoperasikan telepon dipercaya menjadi faktor penyebab kecelakaan yang cukup sering terjadi. Tak hanya menelepon atau mengirim pesan melalui telepon, pengalih perhatian yang lain adalah makan, minum, memakai make up, mengoperasikan radio atau CD, atau bermain dengan anak. Hal terbaik yang harus dilakukan ketika mengemudi adalah mata tetap menghadap ke jalan dan kedua tangan ada di kemudi.


IBicara Updated at: 10:13 pm

0 comments: