Nama-Nama Calon Kepala Polri Yang Akan Diajukan Kompolnas Menggantikan Budi Gunawan

Posted by



Setelah kepastian bahwa presiden tidak akan melantik Calon Kapolri terpilih Budi Gunawan Kompolnas bergerak cepat untuk untk mengajukan kembali nama-nama calon kapolri kepada presdien. Nama-nama baru calon kepala Polri yang akan diajukan Kompolnas adalah Komjen Badrodin Haiti (Wakapolri), Komjen Budi Waseso (Kabareskrim), Komjen Dwi Priyatno (Irwasum), dan Komjen Putut Bayu Seno (Kabaharkam). 

Dikutip dari kompas.com, Komisioner Kompolnas Adrianus Meliala menjelaskan, nama Budi Waseso masuk lantaran dianggap mencukupi dalam hal syarat, yakni menjadi jenderal bintang tiga. Adapun Budi ditunjuk sebagai Kabareskrim Polri setelah Komjen Suhardi Alius dimutasi menjadi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional sesaat setelah Jenderal Sutarman dicopot dari jabatan Kapolri.

Budi Waseso masih berpangkat inspektur jenderal saat ditunjuk sebagai Kabareskrim. Namun, Kamis (5/2/2015) besok, Budi akan dilantik sebagai Kabareskrim Polri dan menyandang pangkat jenderal bintang tiga. Budi Waseso merupakan alumnus Akpol angkatan 1985.

Adrianus memastikan ada empat nama calon kepala Polri yang diajukan Kompolnas kepada Presiden. Ada perubahan nama dibanding daftar yang akan diajukan Kompolnas saat kali pertama.

Awalnya, Kompolnas merekomendasikan empat nama, yakni Komjen Budi Gunawan (angkatan 1983), Komjen Dwi Priyatno (1982), Komjen Suhardi Alius (1985), dan Komjen Putut Bayu Seno (1984).

"Namun karena Pak Budi Gunawan ditolak, maka masuk nama Pak Badrodin Haiti. Lalu karena Pak Suhardi sudah di luar, maka masuk nama Pak Budi Waseso," papar Adrianus. 

Sepertinya masuknya namab Budi Waseso dalam jajaran calon kapolri baru akan membawa polemik baru.


IBicara Updated at: 10:40 pm

0 comments: