Tips Menyeduh Susu Formula Agar Tetap Higienis

Posted by



Susu adalah suplemen bagi bayi. Balita sangat memerlukan nutrisi dari susu, Baik susu berupa ASI maupun susu formula. Mengingat hal tersebut tentu para orang tua tidak ingin susu sebagai sumber nutrisi malah menjadi sumber bakteri karena tidak higienis. Saat memberikan susu formula pada si kecil, Anda harus lebih ekstra hati-hati. Karena jika salah menakar ataupun​ botol dan sendok ​susu tidak higienis akan menimbulkan beberapa risiko penyakit pada si kecil seperti diare.

Dikutip dari laman detik,com, berikut ini tips menyeduh susu formula agar tetap higienis.

1. Cuci tangan dengan sabun
Sebelum membuat susu formula untuk si kecil, sebaiknya biasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri atau virus ​serta kotoran ​yang menempel pada telapak tangan.

2. Rebus botol
Sebelum merebus botol, pastikan botol plastik yang Anda pilih aman untuk si kecil. Pilihlah botol yang Anda gunakan sudah BPA Free dan pilih botol dengan lambang 2HDPE, 4LDPE dan 5PP. Plastik tersebut tidak melarutkan senyawa karsinogenik saat dipanaskan. ​Gunakan panci bersih dengan air secukupnya yang didihkan. Atau gunakan steamer botol susu elektrik.​

3. Gunakan air higienis
Jika botol sudah bersih, Anda tinggal memilih air yang akan digunakan untuk menyeduh susu. Jika tidak menggunakan air kemasan yang steril, rebus air keran hingga mendidih dan campurkan dengan air matang dingin untuk menyeduh susu.

4. Ikuti petunjuk penyajian.
Ini sangat diperlukan untuk kesesuaian rasa dan banyaknya nutrisi dalam sajian susu formula.

5. Buang sisa susu
Jangan sampai sisa susu terlalu lama dalam botol. Setelah si bayi tidak habis segera buang sisa susu. Sisa susu dapat mengundang bakteri.






IBicara Updated at: 6:19 am

0 comments: