Cara Yang benar Membersihkan Telinga

Posted by



Pada umumnya orang membersikan dengan Cootton Bud atua bahkan dengan benda tajam ceperti jarum gantung. Tapi tahukah Anda bahwa itu hal yang bisa mengganggu kesehatan telinga Anda. Bahkan akan lebih berbahaya untuk telinga Anda. Ketika Anda membersihkannya dengan cotton bud atau kapas, bisa mengganggu proses pembersihan kotoran dan justru membuat kotoran bertambah banyak. Terlebih lagi, mengorek lubang telinga menggunakan cotton bud akan mendorong kotoran lebih ke dalam sehingga mengakibatkan penumpukan. Akibatnya, kotoran jadi mengeras dan menyumbat lubang telinga. Pada kondisi ini kotoran pun harus dikeluarkan dengan bantuan dokter.

Sama Halnya dengan Pembersihan menggunakan metode ear candling (menggunakan panas lilin) pun bukan solusi yang tepat. Begitu juga dengan semprotan telinga atau air. Ahli kesehatan telinga dari Rumah Sakit Mount Sinai, Ana Kim, M.D., menjelaskan ear candling dilakukan dengan menempatkan lilin cekung dan berongga tepat di atas lubang telinga. Lilin dinyalakan, dan panas dari lilin diharapkan bisa menyedot kotoran keluar dari telinga. Namun dijelaskan Ana, panas dari lilin berpotensi membakar gendang telinga.

Cara yang benar membersikan telinga adalah sebagai berikut. Anda boleh saja tetap menggunakan cotton bud, begitu kotoran telinga telah keluar dengan sendirinya, cukup bersihkan di dekat lubang telinga tapi jangan sampai masuk atau mengorek hingga dalam.

Alternatif lain adalah menggunakan obat tetes telinga yang mengandung hydrogen peroxide. Zat ini akan membuat kotoran telinga lebih encer sehingga mudah dikeluarkan hanya dengan memiringkan kepala. Disarankan menuangkan satu hingga dua tetes cairan hydrogen peroxide 10 menit sebelum mandi. Namun sebaiknya tidak terlalu sering, cukup satu bulan sekali dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter THT agar lebih aman.

Sel kulit mati yang terkelupas di dalam telinga terkadang juga bisa mengganggu penampilan dan terlihat tidak bersih. Anda bisa menghilangkan penampakan kulit kering pada telinga yang terlihat bersisik dengan meneteskan mineral oil di sekitar lubang telinga untuk membantu melembabkannya.


IBicara Updated at: 6:18 am

0 comments: