Fungsi Terapi Kumur Minyak Kelapa

Posted by



Meski terdengar aneh, Terapi Kumur Minyak Kelapa ternyata sudah dilakukan sejak zaman dahulu dan berasal dari konsep kesehatan Ayurveda asal India. Biasanya mereka berkumur dengan minyak kelapa setiap pagi, ada juga yang tiga kali sehari. Beberapa orang yang telah mencobanya mengatakan jika terapi ini memiliki efek detoksifikasi yang hebat. Metode yang sering disebut oil pulling ini tak hanya bermanfaat untuk kesehatan gigi namun juga wajah.

Dikutip dati detik.com, menurut sebuah ulasan yang dilansir oleh Mind Body Green, penulis yang sudah mencoba metode ini selama satu tahun merasa jika kebersihan giginya menjadi jauh lebih baik. Gigi menjadi lebih putih, gusi pun tampak sehat dan berwarna merah muda. Selain itu, berkumur dengan minyak kelapa juga memperbaiki metabolisme tubuh dan membuat Anda lebih segar di pagi hari, bisa untuk menggantikan kopi. Bahkan ketika tengah merasa pusing karena minum alkohol malam harinya, terapi ini bisa membantu menyegarkan tubuh.

Terapi ini kabarnya dapat menyerap racun dan bahan kimia melalui pembuluh darah yang ada di mulut serta lidah. Selain meningkatkan kesehatan gigi, berkumur dengan minyak memiliki sejumlah fungsi untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Memutihkan Gigi
Dikutip dari Huffington Post, minyak kelapa mengandung zat tertentu untuk mencerahkan gigi yang kuning atau berwarna kusam. Minyak ini juga akan membuat gusi lebih bersih dan sehat, mengurangi bau mulut dan membuat senyum lebih indah.

2. Menyembuhkan Jerawat
Efek dari terapi ini tak hanya sampai pada gigi. Wajah bisa lebih sehat dan terhindar dari jerawat. Minyak kelapa mengandung antibiotik. Ketika berkumur, bakteri serta racun yang terangkat dalam tubuh melalui mulut bermanfaat mengeluarkan stres pada tubuh yang kerap menjadi pemicu jerawat.

3. Kulit Sehat dan Bercahaya
Meski hanya berkumur di mulut, terapi ini juga bermanfaat untuk seluruh tubuh. Dokter pun percaya jika oil pulling dapat membuat wajah lebih bercahaya. Hal tersebut karena tubuh sudah bersih dari dalam.


(Baca: Cara Terapi Kumur Minyak Kelapa )


IBicara Updated at: 11:12 pm

0 comments: