Beasiswa E-Track dari Universitas Tokyo International University (TIU)

Posted by


Yang terdahulu, semua universitas di jepang menggunakan bahasa jepang dalam pembelajaran. Begitu juga untuk kelas internasional. Jadi Mahasiswa dari luar jepang diwajibkan belajar bahasa jepang untuk kuliah disana. Namun kini ada yang berbeda. Pengantar kelasnya dengan bahasa inggris. Pemabahsannnya juga meliputi beasiswa dijepang.

Bagi Rekan-rekan yang sedang mencari informasi beasiswa, ini ada inforamasi mengenai Beasiswa E-Track dari Universitas Tokyo International University (TIU). Informasi ini dikutip dari laman kompas.com.

E-Track dibuka untuk dua jurusan, yaitu Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional. Namun, memang tak hanya bahasa Inggris, karena dalam program ini para mahasiswa juga sangat dianjurkan mempelajari bahasa Jepang

Semua calon mahasiswa program E-Track berhak meraih beasiswa. TIU memberikan beasiswa berupa pengurangan biaya mata kuliah (tuition reduction) dari 30 persen hingga 100 persen. Beasiswa tersebut dapat diajukan ketika ujian masuk, dan pengumumannya dilaksanakan bersamaan dengan pengumuman kelulusan.

"Beasiswa yang diterima berlaku selama empat tahun sepanjang si mahasiswa bisa mempertahankan prestasinya," ujar Miyashita.

Dia menambahkan bahwa sistem akademik dalam program ini adalah sistem semester. Satu semester biasanya terdiri dari 15 minggu.

"Calon mahasiswa bisa masuk kuliah pada semester musim semi yang dimulai dari April atau semester musim gugur mulai September. Selain itu, ada juga program 5 tahun untuk mendapat gelar S-1 dan S-2,” tuturnya. 


Untuk menambah pengetahuan, lanjut Miyashita, TIU memberikan kesempatan kepada mahasiswa program E-Track untuk meraihdouble degree melalui sistem study abroad TIU. Program itu akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat mendapatkan dua gelar sekaligus dari TIU dan sister university dari TIU, yaitu Willamete University di pantai barat Amerika Serikat.

"Sebagai sister university, para pengajar dari Willamete University memegang beberapa mata kuliah dalam program E-Track di TIU. Bagi mahasiswa yang ingin berprestasi mengikuti program gelar ganda ini harus memenuhi dulu persyaratan yang ditetapkan kedua perguruan tinggi,” ujar Miyashita.

Adapun periode pendaftaran ujian masuk program E-Track musim semi 2015 dibuka pada Jumat, 6 Februari 2015, hingga Jumat, 20 Februari 2015, mendatang. Bagi yang tertarik meraih beasiswa, ada baiknya sebelum melakukan proses pendaftaran membaca panduan pendaftaran (application guideline). Hal ini penting agar tak ada kesalahan dan membuang waktu.

Pendaftaran online bisa dilakukan melalui tiu.applyjapan.com. Khusus application guideline-nya bisa diunduh dihttp://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/application_guideline_2015.pdf. Untuk pamfletnya dapat diunduh dihttp://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/etrack_school_Brochure.pdf.

Tak cuma secara online. Untuk konsultasi, Anda bisa berhubungan langsung dengan PIC TIU di Jakarta (Fuji Staff) dengan bahasa Indonesia melalui telepon 021-252-3716 atau e-mail: tiu@fujistaff.co.id. Anda juga bisa secara langsung berkomunikasi dengan Tokyo Office menggunakan bahasa Inggris atau Jepang di +81-3-3362-9644 dan e-mail: etrack@tiu.ac.jp.


IBicara Updated at: 10:58 pm

0 comments: