Arti Gerakan #illridewithyou

Posted by


Di media sosial sedang ramai dibahas tentang gerakan #illridewithyou. Di Asutralia asal mu asal tagar tersebut bahkan menjadikannya trending topik di twitter. Tagar #IllRideWithYou muncul untuk membantu Muslim mengatasi rasa takutnya. Dengan me-mention tagar itu, seorang Muslim/Muslimah bisa mendapatkan teman untuk berada di tempat publik.

Tagal #illridewithyou muncul ketika diawali tessa kum yang membaca inspirasi oleh berbagai kemurahan hati di media sosial, Tessa Kum menawarkan kepada siapa saja yang mengenakan atribut agama, yang takut akan keselamatan mereka, untuk naik angkutan umum bersamanya. Tessa terinspirasi oleh Jacob Rachel yang baru saja mengetweet pengalaman pribadinya melihat wanita muslim di transportasi umum ketakutan karena menjadi pusat perhatian bahkan ia sampai melepaskan jilbabnya.


Ketakutan warga muslim di Australia dikarenakan aksi Penyanderaan sejumlah warga di kota Sydney, Australia. Dalam penyandraan tersebut sempat terpajang bendera hitam bertuliskan kalimat syahadat. Sontak penyandraan yang berlangsung selama 15 jam tersebut membuat banyak warga menghujam bahkan berpikir negatif tentang umat muslim. Sehingga sempat mengakibatkan ketakutan bagi warga muslim di Australia.


Namun dukungan moril melawan sentimen anti-Muslim mulai bermunculan. Sebuah hashtag #illridewithyou menjadi simbol dukungan populer dan meraih hampir 120,000 tweets. #illridewithyou secara harahiaf dapat diartikan sebagai “berkendara bersamamu".


Jadi #illridewithyou merupakan gerakan bahwa bukan agama yang salah. Namun individu tersebut yang yang mengatasnakan agama untuk bertindak jahat. Junjunglah toleransi untuk semua.


IBicara Updated at: 8:51 am

0 comments: